Latest Posts

Selamatkan Saya Dari Si Moral

By 10:28 am

pada detik ini saya berharap sedang sibuk dengan pekerjaan atau apapun sampai-sampai tidak pernah menonton televisi. karena saya jengah melihat pesan-pesan "moral" di televisi. saya jengah melihat orang-orang yang berusaha membenarkan "moral". saya jengah melihat kelompok-kelompok yang mengatasnamakan "moral".

saya juga jengah dengan media yang lama-lama berlebihan ketika membicarakan "moral". ya ya ya saya tau sekali salah satu fungsi media adalah menjaga dan menularkan nilai-nilai budi luhur di masyarakat (i'm a f***in journalism student for god shake).tetapi tampaknya media indonesia juga lupa apa kata Bill Kovach:

Kewajiban pertama jurnalisme adalah kebenaran

dan dengan mencari kebenaran adalah dengan melihat dua sisi yang berseberangan. cover both-side. karena dalam banyak hal kebenaran itu subjektif dan relatif. karena pada dasarnya kita hidup di dunia sosial yang tidak pernah bisa disamaratakan dan tidak memiliki nilai absolut seperti ilmu alam. 

tetapi, nyatanya, saya tidak "sesibuk" itu sampai-sampai lupa menonton televisi (televisi yang tidak sengaja tertonton sebetulnya). sebuah program diskusi yang mengatasnamakan "moral" dan hanya mewakili "moral" versi A. versi B ditiadakan. media juga hanya menampilkan penolakan dan meniadakan aksi mendukung. si negatif memang selalu menjadi bintang.

dan pada detik ini, di saat yang bersamaan saya melihat si "moral" berkeliaran di televisi -saya bersyukur saya berkuliah di jurusan jurnalistik. karena saya bisa dengan mudah bilang, "bitch, please" dan tetap mempercayai apa yang saya percayai. yang tampaknya hal yang sama juga berlaku dengan teman-teman sesama anak jurnal (mahasiswi or alumni). mereka adem anyem saja dan percaya bahwa semua "pesan moral" ini hanyalah "another BS story"

keep calm and go on with your life. believe what you want to believe. open your mind. respect others. be critical but don't judge. who are we to judge? You AREN'T GOD. 

let it be. let them be...




You Might Also Like

0 comments